Resensi Buku: “My Hobby My Business: Kafe Buku”

Hmm…

Kafe buku sempat merebak beberapa waktu ini. Salah satu yang saya tahu di Bandung adalah Reading Lights, yang bertahan cukup lama tapi akhirnya tutup. Ada beberapa kafe buku baru bermunculan setelah itu, seperti Little Wings dan Nimna. Yang satu setahu saya sudah gulung tikar, satu lagi masih bertahan karena usianya belum 1 tahun. Saya pun sebenarnya punya mimpi ingin membuka kafe buku. Oleh karenanya saya membeli buku Kafe Buku karya Gunawan Ardiyanto.

Jpeg

Akan tetapi masuk beberapa halaman pertama saya sudah bosan membacanya. Instruksi yang diberikan terkesan normatif dan sangat umum. Saya berharap buku ini bisa memberikan penjelasan lebih detail mengenai teknis untuk memulai, mulai dari sumber dana, nama supplier, skema bisnis, dan lain sebagainya. Alih-alih yang saya dapatkan, contohnya, adalah penjelasan tentang pembelian bahan pokok atau buku, “Belilah bahan pokok dalam jumlah besar sehingga harganya bisa lebih murah.” Semua orang juga sudah paham kalau itu.

Selain itu juga banyak pengulangan pembahasan dari bab sebelumnya. Bahasa yang digunakan pun terkesan bertele-tele untuk menambah tebal halaman saja. Saya tidak menangkap adanya antusiasme dari penulis. Seolah-olah buku ini adalah tugas dari dosen.

Namun demikian ada juga poin-poin yang bisa dijadikan tambahan wawasan, diantaranya contoh-contoh kafe buku yang telah sukses, ide untuk menarik konsumen dengan welcome drink, dan mempergunakan jasa penitipan jual souvenir atau barang lain di kafe yang dimaksud. Yak, demikianlah resensi buku kali ini. Tidak banyak memang hal yang bisa saya bahas.

ISBN                      : 978-602-9212-75-4

Tahun Terbit      : 2014

Penerbit              : Metagraf

Penulis                 : Gunawan Ardiyanto

Genre                   : Nonfiksi, Bisnis

Tebal                     : 143 halaman (paperback)

Pembatas buku : Tidak ada

Estimasi waktu

membaca            : 2 jam

Rating                   : 4/10

Leave a Reply

