Resensi Buku: “Rework”

Perspektif unik! Itulah kesan pertama yang saya dapatkan dari buku ini. Gaya bahasa yang kasual, agak menggurui, dan dibawakan dengan intonasi “galak”, adalah kesan ke dua.

Maraknya startup atau bisnis UKM dan UMKM saat ini adalah salah satu sinyal positif bagi masyarakat kita. Artinya, sudah banyak orang dalam usia produktif yang memiliki jiwa entrepreneur yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan memperbesar lapangan pekerjaan.

Menurut buku hasil karya Jason Fried ini, 9 dari 10 startup atau bisnis baru akan mengalami kegagalan. Artinya peluang berhasilnya sebuah bisnis yang baru berkembang adalah 1 : 10. Angka yang realistis memang, tapi bukan berarti mustahil.

Menurut beliau, hal ini terjadi dikarenakan perusahaan berkembang banyak meniru cara kerja perusahaan-perusahaan besar yang sebetulnya tidak diperlukan, misalnya meeting terlalu sering, mencoba menjaring dana besar lewat investor, proses rekrutmen yang panjang, memblok facebok dan youtube dari internet kantor, dan lain sebagainya. Justru banyak hal yang bisa dilakukan dengan  keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Kondisi yang carut marut akan memaksa si pengambil keputusan dan rekan-rekannya untuk berpikir sekreatif dan secepat mungkin.

Jpeg

Jika Anda belum mengenal Jason Fried, beliau adalah founder dari aplikasi bernama Basecamp. Aplikasi yang berfungsi sebagai alat koordinasi proyek atau pekerjaan ini dibentuk tahun 2004. Dengan menggunakan Basecamp, konsultan/kontraktor atau pelaksana proyek dapat saling berkoordinasi melalui papan berita, chat grup, menentukan jadwal deadline, hingga berkomunikasi dengan klien (koordinasi di antara konsultan/kontraktor tidak dapat dilihat klien). Munculnya aplikasi ini sangat membantu, walaupun menurut saya sebagian besar user berasal dari konsultan IT.

Akan tetapi, buku ini tidak menceritakan tentang Basecamp. Bahkan sangat sedikit disinggung mengenai hal itu. Buku ini menjelaskan bagaimana cara suatu pola pikir yang segar dapat bertahan di tengah guncangan arus pemikiran mainstream. Karena seringkali pola pikir yang unik ini lah yang menjadikan perusahaan itu 1 yang berhasil dari 9 yang gagal. Dan tidak hanya pola pikir atau ide saja yang dibuat bertahan, tapi juga SDM yang berada di perusahaan tersebut.

Basecamp adalah perusahaan yang ngeyel. Karyawannya hanya 16 orang ketika buku ini diterbitkan, dan ke 16 orang itu lokasinya berjauhan secara geografis. Ada yang di Amerika dan ada yang di Eropa. Namun profitnya mencapai jutaan dolar per tahun. Bayangkan satu juta dolar dibagi 16 orang sahaja!

Itulah prinsip si penulis. Perusahaan tidak akan melakukan penambahan karyawan karena memang tidak diperlukan untuk saat ini. Orang lain akan bilang, “Dengan profit segitu apa tidak sebaiknya ekspansi?” dan pemikiran macam inilah yang coba dilawan oleh Rework. Sang Penulis yakin bahwa ekspansi menjadi perusahaan besar akan memperumit masalah dan memancing hal-hal yang sebenarnya tidak penting. Bisnis tidak harus scalable.

Beberapa instruksi yang diberikan buku ini mungkin akan  membuat Anda mengernyitkan dahi ketimbang langsung mengiyakan. Akan tetapi banyak juga poin-poin yang saya sangat setuju dengan si Penulis. Buku ini ditulis murni berdasarkan pengalaman. Di dalamnya terdapat juga contoh-contoh kasus dari perusahaan-perusahaan ternama yang mengimplementasikan strategi-strategi khusus yang bisa ditiru. Jadi bukan berarti perusahaan berkembang tidak boleh meniru perusahaan besar, pastinya ada poin-poin positif yang bisa diadaptasi dari sana.

Secara keseluruhan buku ini menarik. Saya dapat merasakan intonasi penulis yang berapi-api, kadang sinis tapi tetap baik maksudnya. Hanya saja saya tidak begitu suka dengan buku yang memiliki terlalu banyak sekat. Sekat tersebut berisi gambar atau tulisan artistik yang mendukung penjelasan bab selanjutnya. Menurut saya hanya menjadi penebal halaman saja sehingga bukunya jadi lebih mahal hehe.

Rework adalah untuk Anda yang ingin mengimplementasikan hal baru tidak hanya dalam perusahaan tapi juga dalam hidup Anda. Buku ini memang agak berbeda dengan kebanyakan buku bertema bisnis lainnya. Menurut saya buku ini memberikan cara agar kita bisa stand out dibanding yang lain. Menyisihkan kita dari kerumunan orang banyak sehingga kita bertahan dengan prinsip walaupun digoyah dari segala arah.

ISBN                      : 978-0-09-192978-7

Tahun Terbit      : 2010

Penerbit              : Vermillion

Genre                   : Bisnis/Nonfiksi

Penulis                 : Jason Fried & David Heinemeier Hansson

Tebal                     : 279 halaman (paperback)

Pembatas buku : Tidak ada

Estimasi waktu

membaca            : 3 jam

Rating                   : 8/10

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s