Lima Awas Kredit Mobil/Motor!

Harga rata-rata sepeda motor saat ini = Rp. 14.000.000

Harga total kredit motor dengan tenor 3 tahun = Rp. 18.000.000 (belum termasuk pajak)

Harga rata-rata mobil = Rp. 120.000.000

Harga total kredit mobil dengan tenor 5 tahun = Rp. 170.000.000 (pajak ditanggung pemenang)

Pertama, mobil dan motor itu barang impor, walaupun dealernya orang pribumi. Jangan memperkaya bangsa lain. Belilah produk lokal!

Ke-dua, kendaraan bermotor pribadi udah terlalu banyak di dunia ini! Bayangkan negara-negara pengekspor mobil dan motor haha-hihi sambil kipas-kipas pake duit kita, sementara kita di sini tiap hari saling caci maki karena macet. Kita yang ngeluarin duit kok kita juga yang susah?

Ke-tiga, depresiasi. Harga kendaraan bermotor bisa menyusut 22% setelah satu tahun pertama. Ketika cicilan kita kelar di tahun ke 5, harganya udah menyusut sampai 55%. Asuransi udah habis pula. Mau gimana?

Ke-empat, mobil/motor itu lifestyle. Transportasi itu kebutuhan. Pikir.

Ke-lima, bayangkan dengan uang sekian banyak (Rp. 18.000.000 dalam 3 tahun atau Rp. 170.000.000 dalam 5 tahun) hal apa aja yang bisa dilakukan? Bukan. Bukan beli barang konsumtif lainnya. Tapi INVESTASI. Bedakan itu!

Kredit rumah/tanah adalah investasi karena setiap tahun harganya akan naik. Menggunakan uang tadi untuk modal usaha kecil menengah adalah investasi, karena dalam 5 tahun lagi nilainya akan menjadi 3-4 kali lipatnya. Menggunakan uang tadi untuk beli gorengan terus dimakan sendiri dan dalam 3 hari sisanya basi adalah perilaku konsumtif karena gorengan basi tidak punya nilai jual. Sekian.


Advertisements

2 thoughts on “Lima Awas Kredit Mobil/Motor!

  1. superb sekali… sampai saat ini kami kemana2 juga masih ngumum Wil.
    trus pernah suatu ketika pas lg galau, malah diceritain rekan suami yg justru istilahnya udah kayak bos banget Beliau itu, malah bilang gini :
    “mubazir nggak sih punya mobil karena ujung2nya gw prefer naik umum ke mana2, males aja gitu kalau ujung2nya malah gw pajang (mobilnya) di rumah aja.”
    Dan bener Beliau malah akhirnya inves di properti2 gitu sekarang. ke mana2 masih ngangkot & masih belum memutuskan punya kendaraan kapan, yg padahal kalau menurutku Beliau itu sangat2 mampu.

    • Wah keren banget tuh nis orangnya! bisa jadi inspirasi buat yang lain hehe.
      Iya sayang banget duitnya kalo cuma dipake sekedar gaya2an beli motor/mobil baru.
      Thanks for reading nis 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s