5 Acara TV Lokal Berkualitas

Pagi acara musik, beberapa lipsync.

Pas matahari agak tinggi mulai muncul acara infotainment.

Malam giliran acara talkshow, ada yang inspiratif, ada yang lawak aja.

Siang dan sore saya nggak paham ada acara apa karena sedang di kantor. Mungkin sinetron ya. Berdoa saja semoga acaranya bagus-bagus dan bermanfaat.

Saya sendiri termasuk orang yang jarang menonton televisi. Sempat pesimis dengan acara-acara yang begitu-begitu saja, belakangan ini saya mencoba menonton televisi pada saat weekend, dan sempat terkejut bahwa sebenarnya ada acara-acara bermutu yang disajikan oleh stasiun televisi tertentu. Saya tidak bilang acara lain tidak bermutu, tapi ya,  well, sama-sama tahu saja lah. Daripada ngatain acara teve lain yang saya yakin sudah banyak yang melakukannya, lebih baik kita beralih fokus pada acara-acara dengan kualitas yahud walaupun Anda tidak berlangganan tv kabel.

Tanpa bermaksud branding, saya mencoba membuat daftar beberapa acara televisi lokal tersebut. Sebaiknya Anda juga mengganti jadwal menonton tv Anda ke jam-jam  berikut. Sebagai catatan saja, acara-acara berikut tidak saya urutkan berdasarkan rating whatsoever. Semuanya menurut saya inspiratif dan informatif.

1. Bumiku Satu – DAAI TV

Sumber gambar: http://www.daaitv.co.id

Lingkungan merupakan aspek kehidupan yang sangat penting. Tanpa lingkungan yang sehat, air bersih menjadi keruh, tanah jadi tercemar, sampah semakin menumpuk. Pendidikan tentang lingkungan pun baru digalakkan belakangan ini. Imbasnya, kesadaran masyarakat tentang lingkungan masih sangat minim. Program “Bumiku Satu” menyajikan informasi yang inspiratif dan mendidik mengenai penyehatan lingkungan. Meskipun saya bukan penonton setia, namun episode-episode yang ditayangkan sangat menarik, diantaranya “Hotel Hijau Yogyakarta”, “Go Clean Our River”, dan “Pola Hidup Zero Waste”. Bahkan ada satu episode yang berjudul “Bioremediasi Limbah Minyak Bumi”, wow!

“Bumiku Satu” tayang setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 09.00, 17.00, dan 23.30 WIB di DAAI TV.

2. Inovator – TVRI Nasional dan Elshinta TV

sumber : http://www.dw.com/id/

Acara yang satu ini membahas perkembangan sains dan teknologi di dunia, terutama di Jerman, karena Inovator merupakan acara ‘impor’ yang berada di bawah broadcaster sana bernama DW, singkatan dari Deutsche Welle.

Sebuah program yang menarik dan tentunya sangat informatif bagi kita yang haus akan perkembangan teknologi di luar sana. Ternyata teknologi tidak hanya gadget lho, masih banyak hal lain di luar sana yang patut kita saksikan.

Inovator tayang setiap hari Senin s/d Kamis setiap pukul 21.30 WIB. Di TVRI Nasional pun acara ini ditayangkan tapi saya lupa jam tayangnya, he.

3. Lentera Indonesia – NET.

https://pbs.twimg.com/profile_images/663579673444483072/CUashTNN.jpg

sumber gambar : twitter @Lentera_NET

Anda tahu program Indonesia Mengajar? Kira-kira seperti itulah salah satu gambaran acara televisi yang satu ini. Lentera Indonesia berfokus pada sosok-sosok inspiratif serta berguna bagi orang lain terutama dalam masalah pendidikan, dimana kurangnya pemerataan pendidikan masih merupakan momok bagi bangsa kita.

Lentera Indonesia siap menginspirasi Anda setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 17.00 WIB.

4. Jejak Pendekar – TV One

https://aws-dist.brta.in/2015-07/71da716b2f324f97803e0ebbfe966e56.jpg

sumber gambar : https://beritagar.id

Indonesia merupakan negara yang kaya. Pasti Anda sudah bosan dengan ungkapan seperti ini. Tapi kenapa orang-orangnya nggak kaya? Itu juga pertanyaan yang sudah sering Anda dengar. Mungkin itu karena kita tidak tahu apa sebenarnya kekayaan itu. Kekayaan tidak melulu emas, minyak bumi, dan barang tambang lainnya. Kebudayaan merupakan kekayaan tak ternilai. Kebudayaan adalah identitas. Banyak negara maju yang tidak punya identitas, banyak yang lupa dengan bahasa nenek moyangnya karena digantikan dengan Bahasa Inggris/Portugis, misalkan, sebagai bahasa nasionalnya.

Banyak yang berkiblat ke luar negeri hanya untuk belajar bela diri. Di sinilah kita punya salah satu budaya tertua di dunia. Budaya untuk mempertahankan diri.

Jejak Pendekar yang tayang di TV One mencoba menginspirasi khalayak ramai bahwa ilmu bela diri kita tidak kalah keren dengan Muay Thai. Acara ini dikemas dengan model wawancara terhadap guru besar suatu perguruan bela diri. Setiap aliran bela diri akan diceritakan bagaimana sejarahnya dan manfaatnya bagi si pengguna. Dalam Jejak Pendekar juga diselipkan ulasan ilmu bela diri dari luar negeri namun tidak sedetail yang di dalam negeri. Dan ini yang saya sukai dari acara Jejak Pendekar.

Untuk jadwalnya sendiri mungkin sudah berubah sekarang. Waktu itu saya menonton di hari Sabtu pukul 07.30 WIB.

5. Taman Buaya Beat Club – TVRI Nasional

sumber gambar : twitter @tamanbuayabc

Kangen dengan Radio Show-nya TV One? Well, mungkin acara ini dapat mengobati kangen Anda.

Taman Buaya Beat Club menghadirkan band-band anak bangsa yang unik dan berkarakter kuat. Mungkin lebih dikenal dengan istilah indie labelled band. Namun begitu, banyak juga band yang berlabel major. Lagipula siapa peduli label. Yang penting kualitas, betul?

Nuff said lah, silakan ditonton saja acara musik yang satu ini setiap Senin s/d Kamis pukul 22.00 WIB di TVRI Nasional.

Itulah 5 acara televisi lokal yang berkualitas versi saya. Berkualitas karena menginspirasi dan tidak ikut arus kebanyakan acara lain yang hanya mementikan rating sehingga tidak peduli dengan pesan yang disampaikan. Kalau hanya melawak tanpa makna dan dansa-dansi anak SD juga bisa. Menurut saya bangsa kita sudah cukup tertawa.

Sebetulnya masih banyak lagi acara-acara lain yang baik untuk tontonan keluarga di rumah. Ya mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan acara seperti Kick Andy yang memang tujuan utamanya adalah untuk menginspirasi. Tapi berhubung saya jarang menonton tv jadi sementara 5 acara ini dulu yang dapat saya sampaikan hehe.

Jika Anda punya rekomendasi acara-acara lain silakan sampaikan di kolom komentar di bawah. Sekali lagi, saya tidak bertujuan ngiklan lho ya. Saya hanya melihat ada potensi yang dimiliki pertelevisian Indonesia. Jangan sampai acara-acara seperti ini “dipecat” karena dinilai tidak menghasilkan rating yang baik.

Demi menjadi bangsa yang besar, mari tingkatkan kualitas tontonan kita!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s