Hotel Andrin Daspatt

Akhir-akhir ini kebetulan saya mendapat tugas dinas beberapa kali ke luar kota, dan perjalanan dinas ini mengharuskan saya untuk menginap di hotel. Berbagai macam hotel dengan kualitas bervariasi dalam range harga yang sama, antara Rp. 200.000-300.000, pernah saya kunjungi. Dengan range seperti itu pelayanan yang didapat pun sewajarnya saja, yang penting ada ac, kamar mandi dalam, dan dekat dengan kantor dinas PU, karena klien saya memang dari kementerian tersebut. Namun, beberapa minggu yang lalu saya mendapat tugas dinas di Makassar, Sulawesi Selatan, dan menginap di hotel Andrin Daspatt. Bukan ingin promosi, tetapi hotel ini menurut saya memiliki pelayanan paling oke dibanding hotel-hotel lain dengan range harga yang sudah saya sebutkan tadi.

DSC_0636

Tampak depan Hotel Andrin

Hotel Andrin Daspatt berlokasi di jl. Penjernihan Raya no. 2, tepat di samping kantor dinas PU Provinsi Sulawesi Selatan sehingga sangat memudahkan bagi saya yang kebetulan berkepentingan untuk ke sana. Hotel ini memiliki konsep homey, karena memang sejatinya hotel ini dulunya merupakan sebuah rumah milik direktur PDAM di sebuah kota (bukan Makassar tapi saya lupa dimana).

Begitu melewati pintu masuk, saya disambut dengan ruangan lobby yang rapi dan penuh dengan dekorasi barang antik. Lobby ini juga memiliki meja-meja bundar untuk ruang pertemuan.

DSC_0607

Lobby hotel beserta meja-meja bundarnya

Adapun kamar-kamar berada di ruangan yang lebih dalam setelah lobby. Harga kamar kelas standard di Andrin Despatt adalah Rp. 250.000, sedangkan untuk Deluxe Rp. 500.000 dan Suite Rp. 750.000. Masing-masing berbeda jauh memang harganya, tapi saya pastikan Anda tidak akan kecewa dengan kualitas kamar standard yang ditawarkan. Memang lebih baik memilih hotel dengan kamar standard yang agak mahal di hotel yang berkelas bagus dibandingkan hotel kelas rendah dengan kamar VIP/Suite yang murah.

Kamar standard memiliki dua bed, ac, satu televisi, satu sofa, dan gantungan baju. Betul, kamar ini tidak menyediakan lemari dan menggantinya dengan sofa. Kamar mandinya pun bersih dan luas, terdapat fasilitas air hangat. Masing-masing kamar mempunyai meja dan kursi di teras depannya untuk makan atau sekedar nongkrong. Jarak modem wi-fi pun sangat dekat dengan kamar sehingga tidak mengharuskan saya pergi ke lobby jika ingin menggunakannya.

DSC_0591DSC_0588

Penampakan Kamar Kelas Standard Hotel Andrin.

 

WP_20140813_002

Meja dan bangku di depan kamar beserta menu sarapannya.

 

DSC_0603DSC_0602DSC_0604

Kamar mandi yang bersih dan luas.

Ada satu cerita menarik ketika saya dan atasan saya menginap di sini. Suatu hari kami sedang menunggu di lobby karena baru saja pulang dari kantor PU dan kamar kami sedang dibereskan. Kemudian atasan saya bercerita kepada Bapak Resepsionis tentang Kepurung, salah satu makanan khas Palopo, beliau pun tampaknya sangat antusias dengan cerita atasan saya. Mungkin beliau orang Palopo dan sangat senang masakan khasnya disebut-sebut. Singkat cerita, kami pun masuk ke kamar yang sudah dibereskan. Sore harinya, kami mendapat kiriman dua porsi Kepurung Ikan ke kamar kami dengan cuma-cuma, haha.

DSC_0639

Kepurung Ikan

Belum cukup sampai di situ, ketika kami hendak check-out, Andrin Daspatt juga memberikan semacam suvenir berupa gelas tupperware. Wah, baru kali ini saya menginap di sebuah hotel yang memberikan suvenir secara cuma-cuma. Biasanya hanya sabun atau sikat gigi serta sandal, itu pun kalau beruntung.

WP_20140825_002

Suvenir Hotel Andrin

Satu kelemahan Hotel Andrin Daspatt mungkin lokasinya yang kurang strategis. Saya harus berjalan cukup jauh untuk mencari tempat makan malam yang terjangkau harganya, maklum dana perjalanan dinas cukup terbatas, hehe. Namun selebihnya pelayanan yang diberikan sama sekali tidak mengecewakan. Saya yakin hotel ini akan cocok untuk Anda penggemar nuansa homey.

Leave a Reply

