Akan Seperti Apa Diri Anda 5 Tahun Ke Depan?

Entah tapi bagi saya pertanyaan semacam ini acapkali membuat kesal, malas menjawab, dan bosan karena setiap kali ditanya saya tidak pernah merasa pas dengan jawaban yang bersarang di otak. Alhasil saya menelurkan jawaban-jawaban klise seperti, menjadi enterpreneur, membuat grup band, atau menyandang predikat orang penting di suatu perusahaan. Kesemuanya ini tentu sangat bisa dan mungkin terjadi, yang menjadikannya klise adalah ketika kita menyadari bahwa hal-hal di atas bukan impian yang betul-betul kita inginkan. Bukan yang benar-benar saya siap untuk memperjuangkannya sehingga impian tersebut tercapai.

Saya senang bermusik, dan akan sangat senang jika suatu saat nanti berkesempatan bermain di dalam grup band lagi, tetapi saya tidak mau hal ini bersifat serius dan jangka panjang.

Saya senang berwirausaha, senang berdagang, tapi masih jauh dari seorang enterpreneur dan belum berencana menuju ke sana dalam waktu dekat ini.

Jawaban-jawaban klise di atas muncul hanya sekedar untuk menjawab pertanyaan saja. Seperti yang kita ketahui umumnya pertanyaan seperti ini diajukan pada saat psikotes atau wawancara kerja dimana kita tidak dapat berkontemplasi dalam waktu lama pada saat genting seperti itu.

Sudah lima tahun berlalu ketika saya diberikan pertanyaan ini dan sekarang apakah jawaban-jawaban klise di atas terwujud? Tentu tidak. Atau apakah yang terwujud adalah mimpi yang benar-benar saya inginkan itu? Tidak juga. Belum tepatnya.

Jadi, bagaimana cara untuk mengetahui akan seperti apa diri Anda 5 tahun mendatang?

Ini hanya berdasar pengalaman saja dan murni untuk menjadi bahan renungan. Saya tidak tahu apakah jawaban ini dapat diterapkan ketika interview kerja atau tidak. Kalau cocok silakan ditiru, kalau tidak silakan pikirkan cara Anda sendiri.

1. Bedakan Antara Ingin dan Butuh

Klise dan sangat biasa diucapkan. Akan tetapi ada penjelasan lanjutan mengenai ini. Ketika Anda  bermimpi, mimpi buka usaha, mimpi berpenghasilan dua digit saat masih kepala dua, mimpi jadi artis terkenal walaupun lewat youtube, dan mimpi-mimpi lainnya, besar ataupun kecil, benar mimpi maupun sekedar mimpi, suatu saat Anda akan dibangunkan oleh keadaan.

“Bangun! Anda tidak butuh itu sekarang!” Teriak Sang Keadaan.

Bedanya benar mimpi dengan sekedar mimpi adalah ketika Anda bangun, Anda ingat betul mimpi semalam. Lain dengan sekedar mimpi yang mungkin Anda hanya ingat potongan-potongan kecilnya saja. Sekedar mimpi itu akan mati ketika dibenturkan dengan kebutuhan. Maksud saya adalah, kebutuhan pasti akan selalu ada, sekarang atau lima tahun lagi. Dan Anda sudah memiliki modal besar untuk mimpi jika Anda masih mengerjakan sesuatu, entah itu hobi, kegiatan bantuan sosial, atau hal positif lainnya yang Anda gemari yang bertahan lima tahun lalu hingga sekarang. Itulah modal pertama yang menggambarkan akan menjadi apa Anda 5 tahun lagi.

2. Berhenti Berorientasi Pada Diri Sendiri

Meskipun pertanyaannya adalah akan seperti apa diri Anda nanti, manusia adalah makhluk sosial. Berhentilah sejenak memikirkan tentang Anda, pikirkan hal lain dan orang lain selain Anda.

Oke, mungkin Anda tidak tahu apa yang akan terjadi persisnya 5 tahun yang akan datang namun Anda bisa memprediksi hal-hal kecil lain. Tidak perlu repot-repot mencari proyeksi kondisi keuangan nasional atau prediksi nilai tukar valas lima tahun ke depan. Cukup dimulai dari orang-orang terdekat yang Anda sayangi. Misalnya kedua orang tua Anda, jelas lima tahun lagi beliau-beliau ini tidak akan tambah muda. Anda harus mulai berpikir bahwa nanti, lima tahun lagi, kira-kira hal apa yang akan membahagiakan mereka. Anda harus mulai berbicara pada diri sendiri bahwa kita akan menjadi orang yang seperti apa seandainya kondisi tidak begitu baik bagi mereka (namun tentu saja kita senantiasa mendoakan yang terbaik), misalnya sudah mulai sakit-sakitan karena sudah sepuh.

Benturkanlah diri Anda dengan kondisi orang-orang terdekat Anda maka Anda dapat memprediksi akan seperti apa diri Anda nantinya.

3. Yang Telah Berubah

Apa yang menurut Anda telah berubah pada diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda selama 5 tahun terakhir? Apakah kepribadian Anda, cara Anda menghadapi masalah, atau bahkan pandangan orang terdekat kepada Anda?

Manusia berubah entah itu karena bertambahnya usia ataupun pengalaman. Seperti itulah Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang berubah semenjak lima tahun lalu, maka Anda juga dapat memperkirakan bagaimana kondisi Anda dan orang-orang di sekitar Anda lima tahun mendatang.

Advertisements

One thought on “Akan Seperti Apa Diri Anda 5 Tahun Ke Depan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s