Isyarat (Review)

ISYARAT-film-640x385

Film Isyarat merupakan film omnibus yang terdiri dari empat film pendek, berkisah tentang kekuatan supranatural yang dimiliki oleh masing-masing tokohnya, yaitu Dewi (Asmirandah), Sisi (Prisia Nasution), Maya (Revalina S. Temat), dan Flora (Taskya Namya). Film ini disutradarai oleh empat orang yaitu Asmirandah, Monty Tiwa, Reza Rahadian, dan Adhyatmika.

Isyarat dibuka oleh film pendek arahan Asmirandah berjudul “Teman Bayangan”. Dilanjutkan dengan “Lost And Found”, dan seterusnya. Sebetulnya ada satu lagi film pendek arahan Donny Alamsyah berjudul “Tanda Bahaya” namun sepertinya terlewat oleh saya karena saya telat masuk bioskop, hehe.

Perlu diakui bahwa saya tidak berharap banyak pada film besutan sutradara-sutradara Alumni Lingkar LA Lights Indie Movie ini. Dialog-dialog yang ditampilkan menurut saya terasa canggung dan beberapa cenderung menyerupai sinetron atau FTV, seperti ketika Oki menuduh temannya mencontek di kelas saat ujian, yang menurut saya dapat dikemas lagi menjadi adegan yang lebih atraktif dan menghibur.

Adapun dari segi cerita, Isyarat menurut saya cukup berbobot terutama di film pendek ke tiga dan terakhir yaitu “Gadis Indigo” dan “Flora” dengan plot yang melompat-lompat yang sempat membuat saya bingung, hehe. Sayangnya ending dari film omnibus ini menurut saya kurang menggigit dan terkesan terburu-buru.

Secara keseluruhan, saya memberikan nilai 6,5 dari 10 kepada film Isyarat. *plok plok!*

Sebetulnya harapan saya menonton film indie ini di bioskop adalah untuk mendukung lebih banyak lagi film indie lain yang bisa masuk layar lebar. Saya pernah melihat film-film indie yang masuk nominasi 10 film terbaik LA Lights Indie Fest tahun 2011 (apa 2010 ya? lupa haha) di youtube yang menurut saya ide-ide ceritanya cukup menarik untuk diangkat ke layar lebar. Karena begitulah film indie, seringkali low budget dan yang menjadi elemen paling penting adalah ide ceritanya.

Go, perfilman Indonesia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s