“Aldi kalau udah gede mau jadi apa?”

“Pilot!”

Pertanyaan yang sama dilontarkan kepada anak-anak lain, jawaban seperti dokter, polisi, guru, insinyur, atau bahkan pengusaha keluar dari mulut mereka.

Tibalah giliranku.

“Wilman mau jadi apa?”

“Emm…”

“Jadi dokter, pilot, atau insinyur?”

Bahkan anak kelas satu SD pun secara garis besar mengerti inti pekerjaan dari profesi semacam dokter, polisi, apalagi guru. Tapi waktu itu aku sama sekali belum mengerti apa yang dilakukan si insinyur sehingga dia pantas untuk dijadikan sebagai cita-cita.

“Eh, insinyur apa sih?” Aku bertanya kepada teman sebangkuku

“Gak tahu.” Jawabnya sambil mengangkat bahu.

Diantara semua jenis cita-cita yang dikeluarkan mulut teman-teman yang notabene sudah aku mengerti definisi kerjanya, aku memilih yang tidak aku mengerti sama sekali.

“Insinyur…Bu.”

 

 

Leave a Reply

