Karena Saya Mahasiswa

Kerjanya anggota DPR ngapain sih selain rapat? Ada lagi gak? Jujur saya gak tau karena gak punya kenalan orang DPR. Kalau beliau-beliau memang punya kerjaan lain selain rapat dimana kerjaan lain itu berkaitan dengan negara, sejujurnya saya tidak keberatan mereka tidur di ruang rapat asalkan beliau-beliau ini berkontribusi benar dalam kerjaannya yang lain itu.

Karena saya mahasiswa, tau rasanya ketika rapat dan kalau orang di dalam forum rapat tersebut kebanyakan, rapatnya gak efektif apalagi ketika hanya membahas konsep, bukan teknis. Cukup beberapa kepala saja yang rapat kalau gitu.

Karena saya mahasiswa, saya juga sering tidur atau merasa bosan dalam rapat-rapat yang telah saya ikuti apalagi kalau sudah ada kesan “wah ini mah mereka lebih ngerti kayaknya,saya ngikut aja”. Itu waktu rapat, jangan tanya gimana tuh mahasiswa kalau lagi kuliah. Sama aja kok kayak beliau-beliau yang di sana.

Kedengarannya seperti mahasiswa gabut? Ya memang. Tapi negeri ini gak butuh pemimpin banyak-banyak, beberapa kepala asal punya komitmen sudah cukup, yang lain tinggal ngikut, dan ngikut yang bener-bener ngikut bukan sekedar ikut-ikutan.

Analoginya gini, kalau saya dosen saya gak akan dan gak bisa menyalahkan mahasiswa yang sering tidur di kelas tapi nilai akhirnya dapet A atau AB. Dengan asumsi dia tidak mencontek. Anggaplah si nilai akhir sebagai urusan negara, terserah Bapak/Ibu mau tidur, jungkir balik, nonton bokep juga gak apa-apa asal negara keurus.

Loh, tapi kan mereka pemimpin, harusnya jadi teladan dong?

Saya rasa seseorang akan meniru pemimpinnya kalau sudah sadar bahwa pemimpinnya dan hasil dari apa yang dipimpinnya itu baik, bukan menirunya di awal tanpa mengetahui kredibilitas pemimpinnya.

Balik lagi ke awal, itu kalau beliau-beliau di sana ada kerjaan lain selain rapat loh ya, kalau emang kerjanya rapat doang ya mereka gak boleh tidur.

***

To criticize is easy, so easy that you enjoyed every single word coming out from your mouth.

Leave a Reply

