Bergerak Bebas Di Bawah Langit Biru

Tahu kenapa nama blognya Mata Angin?

Dulu saya bikin tumblr, namanya Langit Biru 50X. Tahu kenapa namanya begitu?

Dulu saya pernah liat spanduk-spanduk di kampus, saya gak peduli isi spanduknya apa tapi di belakangnya ada tulisan LANGIT BIRU 50X menggunakan spidol hitam. Wah, saya pikir itu nama yang bagus dan keren buat saya. Di satu sisi elegan tapi merakyat di sisi lain. Maksudnya saya tahu nama itu pasaran, sepertinya banyak yang memakai nama itu misalnya band, brand, judul lagu, judul film, dsb. Tapi nama itu masih terdengar keren di telinga saya.

Ternyata Langit Biru adalah sebuah nama percetakan di daerah Tubagus Ismail dan sampai tulisan ini dibuat saya belum pernah ke sana dan melihat seperti apa toko percetakan yang menginspirasi nama tumblr saya. Adapun maksud dari 50X itu saya juga tidak tahu, mungkin maksudnya spanduk itu dicetak 50x.

Kenapa namanya nggak Langit Biru aja? Kenapa harus ada 50X nya?

Karena saya pertama kali melihat nama itu memang dengan embel-embel 50X, di belakang spanduk yang waktu itu dipakai sebagai pengganti terpal untuk orang duduk. Istilah gampangnya, saya ngeliatnya waktu itu sepaket itu, jadi ya nama tumblr nya sepaket itu juga.

Cukup lama saya menumblr, kurang lebih 1 tahun. Tapi saya pikir ada yang kurang, pertama isinya tumblr rata-rata galau. Haha. Saya nggak melarang yang galau kok. Kata seorang teman saya, galau pada saat ada momennya itu manusiawi. Oke. Kedua, tumblr mungkin gak dibuat untuk postingan yang panjang-panjang. Entah kenapa saya capek baca postingan yang panjang di tumblr padahal itu postingan saya sendiri. Kedua alasan ini membuat saya berpikir mungkin saya salah tempat dan mungkin sudah waktunya untuk mencoba sesuatu yang baru. FYI saya orangnya cepat bosan, akut.

Maka dari situlah saya memutuskan untuk membuat blog. Saya ingin sebuah nama yang karakternya mirip Langit Biru, elegan tapi merakyat. Tapi kali ini harus ditambah karakter “lebih bebas”. Alhamdulillah setelah berunding antara saya, otak kanan, dan otak kiri, muncullah nama Mata Angin.

Menurut KBBI online, mata angin adalah arah jarum pedoman; asal angin datang (yaitu utara, timur, selatan, barat). Menurut saya, dengan adanya mata angin kita bebas menentukan tujuan tanpa kehilangan arah di tengah jalan. Kalau mau ke utara ya tinggal ikuti kompas. Misalkan di tengah jalan mau belok ke mana dulu kek, boleh toh selama kita tahu arah mata angin yang dituju.

Saya merasa blog ini lebih bebas soalnya saya mau posting sepanjang apapun nggak masalah :D. Dan karena blog ini merupakan penerus dari pendahulunya Langit Biru 50X, makanya deskripsi blognya “Bergerak Bebas Di Bawah Langit Biru”.

One thought on “Bergerak Bebas Di Bawah Langit Biru

  1. sinting, gue baru tau kalo itu arti tumblr lo selama ini. dulu gue bolak balik tu ke langit biru ngurusin sertifikat greenfest. tau gitu lo gue ajak dah

Leave a Reply

