Musisi Jalanan

          Dulu, kalau saya didatangi pengamen saya tidak pernah mau untuk menyisihkan uang. Mau dia nyanyi screamo atau underground pun masa bodoh. Mau dia suaranya selembut sutera juga peduli amat (ada loh pengamen yg suaranya bagus banget di Simpang Lima). Kenapa saya bersikap demikian? Karena menurut saya kalau mereka diberi uang maka mereka nantinya malah keenakan dan tambah males mencari pekerjaan lain yang lebih berguna.

      Namun kemudian beberapa waktu lalu saya pergi makan bersama beberapa orang teman sebut saja A dan B. Ketika itu kami didatangi oleh beberapa orang pengamen, tentu saya menahan dompet di saku tapi si A mengeluarkan sejumlah uang, seribu sih tepatnya. Kemudian setelah para pengamen pergi si B bertanya “gede banget A ngasihnya, segitu tuh kegedean tau buat pengamen.” Kemudian si A menjawab

“itu duitku yg paling kecil B, lagian menurutku kita belum berhak buat ga ngasih mereka duit karena kita tuh belum bisa menghidupi mereka.”

         Mungkin agak janggal ya dengan kata menghidupi, tapi maksudnya si A begini. Kita tidak berhak untuk tidak memberi pengamen tersebut uang apabila kita tidak punya solusi untuk hidup mereka ke depannya. Ibaratnya orang mengkritik tapi tidak punya solusi atas kritikannya.

Wah bener juga, seandainya banyak orang-orang yang berpikiran seperti saya terus para pengamen mati kelaparan gimana? Ya gak segitunya juga sih.

        Hidup ini tidak selalu masalah pilihan, pasti banyak diantara pengamen itu yang terpaksa mengamen. Maka dari itu, kalau belum punya solusi bagaimana cara “menghidupi” para pengamen ini ya kasih aja lah barang Rp. 500-1000 mah.

Leave a Reply

